Sabtu, 04 Februari 2017

Smartphone Panas Bikin Gak Nyaman? Ternyata 6 Hal Ini Penyebabnya

Karena banyak aplikasi dan game seru, wajar jika kamu sering lupa waktu saat menggunakan smartphone. Apalagi kalo udah chatting dan aktif berinteraksi di sosial media, bisa-bisa bikin emosi deh kalo keasyikan kamu ini diganggu.
Selain gangguan orang lain, keasyikan kamu main smartphone juga bisa berkurang jika smartphone panas. Sebenarnya kenapa sih smartphone bisa panas?

Penyebab Smartphone Jadi Panas

Jangan buru-buru bilang produsen smartphone ini jelek hanya gara-gara smartphone kamu cepet panas. Pahami juga batas wajar panas smartphone. Udah gitu, smartphone panas sebenarnya disebabkan oleh:

1. Prosesor

Ingat dengan kasus overheat yang dialami Xperia Z3 yang menggunakan chipset Snapdragon 810? Kabarnya, panas berlebih yang melanda smartphone flagship dari Sony ini karena chipset Snapdragon 810 yang bermasalah di pengendali suhunya.
penyebab-smartphone-panas-5
Usut punya usut, ternyata memang chipset Snapdragon 810 memang bermasalah. Selain itu, Snapdragon 615 juga sering mengalami overheat. Nah, jika smartphone kamu sering panas, mungkin menggunakan kedua prosesor ini.
Smartphone Panas? Ini Batas Wajar Suhu Panas Smartphone
Sepanas Apa Smartphone Kamu?
Smartphone Panas? Ini Batas Wajar Suhu Panas Smartphone
Baca

2. Baterai

penyebab-smartphone-panas-3
Selain prosesor, baterai juga bisa menjadi penyebab smartphone panas. Baterai Lithium yang digunakan pada smartphone metal berbodi ramping memiliki fenomena yang disebut thermal runaways. Fenomena ini terjadi untuk mengalirkan panas di baterai ke bodi smartphone.

3. Overload

Smartphone memungkinkan kamu untuk menjalankan lebih dari satu aplikasi bersamaan. Browsing atau chatting sambil mendengarkan musik, atau bahkan menonton video sambil kerja dengan vitur pop up video. Seru, kan?
penyebab-smartphone-panas-6
Tapi, kemampuan ini justru akan memicu smartphone jadi ppanas. Soalnya secara langsung kamu telah memaksa smartphone berjalan secara maksimal untuk menjalankan semua perintahmu.

4. Jaringan

Jangan dulu salahkan produsen smartphone, operator jaringan seluler yang kamu gunakan juga bisa salah. Buruknya jaringan di suatu daerah akan membuat modul antena di smartphone kamu bekerja lebih keras untuk mencari jaringan, sehingga akan membuat permukaan belakang smartphone menjadi panas.
penyebab-smartphone-panas-4
Maka itulah saat di dalam pesawat, kita harus mengaktifkan Airplane Mode. Selain demi keselamatan, hal ini juga bermanfaat untuk mencegah modul antena bekerja sehingga bisa menghemat baterai dan smartphone tidak panas.
Amankah Airplane Mode Di Pesawat? Berikut Ulasannya!
Airplane Mode Gak Aman!
Amankah Airplane Mode Di Pesawat? Berikut Ulasannya!
Baca

5. Kualitas Game dan Aplikasi

Merekam video kualitas 4K dan memainkan game dengan grafis fuull HD akan membuat smartphone cepat panas. Soalnya prosesor smartphone kamu bekerja di clock yang paling tinggi dan cepat, dan ini akan memaksa semua komponan smartphone bekerja maksimal.
penyebab-smartphone-panas-2
Untuk itu, sebaiknya atur aplikasi dan game di mode terendahnya agar tidak memicu overheat. Kecuali kamu memang butuh banget. Itupun sebaiknya jangan digunakan terlalu lama.

6. Sistem Operasi

penyebab-smartphone-panas
Update sistem operasi diberikan untuk memberikan pembaruan terhadap masalah atau menambah fitur baru smartphone. Smartphone panas bisa jadi disebebkan karena ada bugs di sistem operasi. Makanya, setiap ada update baru, segera didownload.
Nah, itu dia 6 penyebab smartphone panas. Gak selalu salah produsen, kan? Bisa jadi kamu yang salah cara pake smartphonenya sehingga memicu smartphone jadi panas.

Ditulis Oleh : Owanz Sevencool

Terimakasih atas kunjungan Kamu Karena telah Mau Melihat artikel Smartphone Panas Bikin Gak Nyaman? Ternyata 6 Hal Ini Penyebabnya. Tapi Kurang Lengkap Rasanya Jika Kunjunganmu di Blog ini Tanpa Meninggalkan Komentar, untuk Itu Silahkan Berikan Kritik dan saran Pada Kotak Komentar di bawah. Kamu boleh menyebarluaskan atau mengcopy artikelSmartphone Panas Bikin Gak Nyaman? Ternyata 6 Hal Ini Penyebabnyaini jika memang bermanfaat bagi kamu, tapi jangan lupa untuk mencantumkan link sumbernya sekian dari o7c dan Terima Kasih.
Comments
0 Comments

0 komentar:

Posting Komentar

luvne.com resepkuekeringku.com desainrumahnya.com yayasanbabysitterku.com