Sabtu, 18 Februari 2017

Kamu Sering Merasa Marah Saat Mendengar Suara Orang Mengunyah? Ternyata Ada Alasanya, Lho!



Pernah tidak kamu merasa ingin tutup telinga, kesal, atau merasa ingin memukul orang yang mengunyah makanan dengan keras atau bahkan ketika mereka bersiul? Atau mungkin kamu kenal dengan orang yang sering bereaksi seperti itu? Sebetulnya orang-orang seperti itu bukanlah orang-orang yang rewel, tetapi otak mereka itu punya semacam kepekaan emosional yang berlebihan pada suara-suara tertentu. Berikut penjelasannya:

Misophonia

Misophonia via foodplease.com
Misophonia via foodplease.com
Meskipun tidak ada dasar pada ilmu neurologi, misophonia telah diderita banyak orang.Tetap Orang-orang yang memiliki misophonia bukan sekedar merasa terganggu saja tapi mereka akan merasa kesal dan, pada kasus paling ekstrim, merasa marah dan stress hingga memiliki reaksi seperti ingin berkelahi atau bahkan kabur.

Temuan Para Peneliti

Brain MRI via BrainFacts.org
Brain MRI via BrainFacts.org
Telah terbukti melalui scan pada otak penderita misophonia yang dilakukan oleh beberapa peneliti, tertanya mereka memiliki otak yang berbeda dengan otak orang normal. Para peneliti tersebut meneliti beberapa orang dengan menggunakan suara-suara tertentu untuk memicu mereka dan mengamati reaksi otak mereka melalui scan MRI. Suara yang digunakan itu beragam, dari mulai suara yang netral seperti suara angin dan hujan sampai suara yang tidak nyaman seperti suara orang marah-marah dan bayi menangis, atau suara pemicu milik masing-masing (suaranya bisa bermacam-macam, seperti mengunyah permen karet hingga suara bersin).
Yang ditemukan para peneliti adalah bahwa para penderita misophonia memiliki koneksi antara indera dan emosi yang berbeda. Karena ini penderita misophonia sering bereaksi berlebihan ketika mendengar suara pemicu mereka. Jadi, reaksi mereka bukan sekedar terganggu saja melainkan rasa marah dan bahkan rasa benci, panik, atau stress.

Belum Ada Obatnya

nature-fashion-person-woman
via pexels.com
Sayangnya, meskipun telah ada beberapa riset yang dilakukan tentang misophonia, para peneliti belum menemukan obatnya dan cara menanganinya. Bagi yang telah memilikinya selama bertahun-tahun mereka hanya menanganinya dengan cara mereka sendiri seperti memakai penutup telinga, atau dengan cara menghindar atau meninggalkan tempat dimana suara pemicu mereka sering terjadi.

Setelah membaca hal-hal di atas, apakah kamu pernah mengalami hal tersebut? Atau kamu punya teman atau punya anggota keluarga yang pernah mengalaminya? Yuk, share pengalaman kamu tentang hal ini dengan comment di bawah ya
!

Ditulis Oleh : Owanz Sevencool

Terimakasih atas kunjungan Kamu Karena telah Mau Melihat artikel Kamu Sering Merasa Marah Saat Mendengar Suara Orang Mengunyah? Ternyata Ada Alasanya, Lho! . Tapi Kurang Lengkap Rasanya Jika Kunjunganmu di Blog ini Tanpa Meninggalkan Komentar, untuk Itu Silahkan Berikan Kritik dan saran Pada Kotak Komentar di bawah. Kamu boleh menyebarluaskan atau mengcopy artikelKamu Sering Merasa Marah Saat Mendengar Suara Orang Mengunyah? Ternyata Ada Alasanya, Lho! ini jika memang bermanfaat bagi kamu, tapi jangan lupa untuk mencantumkan link sumbernya sekian dari o7c dan Terima Kasih.
Comments
0 Comments

0 komentar:

Posting Komentar

luvne.com resepkuekeringku.com desainrumahnya.com yayasanbabysitterku.com