Selasa, 14 Maret 2017

10 Fungsi Unik Kabel USB OTG Selain Untuk Membaca Flashdisk Featured


Sejak diperkenalkan Android Honeycomb 3.0, Google sudah memperkenalkan fitur Host Mode yang memungkinkan Android untuk memiliki fungsi layaknya komputer. Fitur ini bisa digunakan saat perangkat smartphone kamu terhubung dengan konektor USB OTG.
USB On The Go (OTG) adalah kemampuan smartphone untuk dapat membaca data yang ada di USB flashdisk bahkan bisa melakukan transfer data tanpa harus melewati komputer. Tapi selain untuk membaca USB flashdisk, ternyata USB OTG punya fungsi unik lain.
Fungsi Unik USB OTG
Saat smartphone semakin canggih, USB OTG menjadi aksesori smartphone yang wajib kamu miliki. Jika smartphone kamu sudah mendukung USB OTG, maka kamu bisa melakukan hal-hal unik berikut ini:

1. Menambah Memori Smartphone

fungsi-usb-otg-10
Memori internal smartphone kamu kecil? Jika memiliki flashdisk yang dilengkapi kemampuan USB OTG, kamu bisa langsung menancapkannya pada smartphone. Nah, dengan memanfaatkan fitur Adoptable Storage di Android Marshmallow, kamu bisa menyulap flashdisk yang kamu gunakan jadi memori internal. Dan jika smartphone kamu tidak dibekali dukungan memori eksternal, flashdisk yang kamu hubungkan bisa digunakan sebagai memori tambahan untuk menyimpan file musik, foto atau video.

2. Menggunakan Mouse dan Keyboard Wireless

fungsi-usb-otg
Berkat fitur Host Mode, smartphone bisa digunakan sebagai media peripheral. Dengan menghubungkan konektor OTG ke smartphone, kamu dapat menggunakan keyboard dan mouse wireless agar memudahkan kamu mengoperasikan smartphone.

3. Menyalakan Kipas Angin

fungsi-usb-otg-2
Merasa kegerahan saat menggunakan busway dari kantor menuju rumah? Dengan membeli mini-USB fan yang dijual di berbagai online shop, kamu bisa menyegarkan diri di busway dengan bantuan smartphone. Ya, cukup hubungkan mini-USB fan yang kamu miliki ke konektor OTG, dan rasakan segarnya angin sepoi-sepoi yang dihasilkan.

4. Menyalakan Lampu Darurat

fungsi-usb-otg-3
Memasuki musim hujan, di beberapa kota sangat rawan dengan pemadaman listrik bergilir. Pasti menyebalkan kalo tiba-tiba rumah jadi gelap gulita? Nah, thanks to fungsi unik USB OTG, sekarang kamu nggak akan kegelapan lagi jika menghubungkan lampu LED ke USB OTG. Salah satu jenis mini-LED Light yang bisa kamu beli dan gunakan untuk ini adalah keluaran Xiaomi.

5. Membaca Data Menggunakan Card Reader

fungsi-usb-otg-4
Saat kamu punya banyak foto menarik di SD Card yang kamu gunakan di kamera DSLR tapi lupa membawa komputer, kamu bisa loh langsung membaca data yang ada di dalamnya menggunakan card reader yang dihubungkan ke konektor USB OTG. Jadi sekarang kamu bisa berbagi konten keren kapan dan di mana saja.

6. Mengubah Smartphone Jadi Power Bank

fungsi-usb-otg-5
Smartphone dengan kapasitas baterai raksasa sudah dipastikan akan awet baterainya. Nah, jika smartphone kamu support USB OTG dan juga memiliki baterai raksasa seperti ASUS ZenFone Max, kamu bisa loh menggunakannya sebagai power bank. Lumayan kan bisa beramal dengan memberikan daya cadangan pada smartphone orang lain? Uniknya lagi, kamu bukan cuma bisa mengisi ulang smartphone lain, tapi juga mengisi gadget seperti Action Cam hingga MP3 Player.

7. Membaca Data di Harddisk Eksternal

fungsi-usb-otg-6
Pengguna komputer pasti akrab dengan yang namanya harddisk eksternal. Pasalnya, perangkat ini sangat bermanfaat untuk menyimpan data-data penting lainnya. Nah, kamu bisa loh membaca data di harddisk eksternal langsung di smartphone menggunakan USB OTG. Untuk cara lengkapnya, kamu bisa baca di artikel Cara Membaca Harddisk Eksternal dengan USB OTG di Smartphone.

8. Berbagi Baterai dan Media Antar Perangkat

fungsi-usb-otg-7
iPhone 6s kamu kehabisan baterai? Kamu bisa menggunakan ASUS ZenFone Max atau Samsung Galaxy Note 7 untuk berbagi baterai menggunakan USB OTG. Eits, selain berbagi baterai alias menjadikan smartphone kamu sebagai power bank, USB OTG yang terhubung antar-smartphone juga bisa dijadikan media berbagi data seperti foto, video dan file musik.

9. Menghubungkan Portabel CD Player

fungsi-usb-otg-8
Punya portabel CD Player? Jika iya, kamu bisa membaca data di kepingan CD kapan dan di mana saja dengan menghubungan Portable CD Player ke smartphone lewat konektor USB OTG.

10. Menghubungkan Eksternal Webcam

fungsi-usb-otg-9
Di eranya smartphone selfie terbaik yang terus bermunculan, eksternal webcam barangkali sudah jadi hal yang langka digunakan. Tapi jika kamu punya webcam nganggur, bisa loh digunakan untuk menginspeksi suatu wilayah sempit dan gelap dengan mudah. Cukup hubungkan eksternal webcam milikmu via konektor USB OTG, maka kamu siap memantau wilayah-wilayah sempit dan gelap di smartphone menggunakan aplikasi Camerafi.
Lebih lengkapnya tentang fungsi unik USB OTG ini bisa kamu lihat di video:
Keren-keren kan fungsi USB OTG ini? Kamu harus punya USB OTG dan mencoba semuanya.

Ditulis Oleh : Owanz Sevencool

Terimakasih atas kunjungan Kamu Karena telah Mau Melihat artikel 10 Fungsi Unik Kabel USB OTG Selain Untuk Membaca Flashdisk Featured . Tapi Kurang Lengkap Rasanya Jika Kunjunganmu di Blog ini Tanpa Meninggalkan Komentar, untuk Itu Silahkan Berikan Kritik dan saran Pada Kotak Komentar di bawah. Kamu boleh menyebarluaskan atau mengcopy artikel10 Fungsi Unik Kabel USB OTG Selain Untuk Membaca Flashdisk Featured ini jika memang bermanfaat bagi kamu, tapi jangan lupa untuk mencantumkan link sumbernya sekian dari o7c dan Terima Kasih.
Comments
0 Comments

0 komentar:

Posting Komentar

luvne.com resepkuekeringku.com desainrumahnya.com yayasanbabysitterku.com