Sabtu, 20 Mei 2017

Jonan Janjikan Biayai Riset Naufal Penemu 'Listrik Kedondong'

Menteri ESDM Ignasius Jonan akan mengembangkan 'listrik kedondong' temuan NaufalNaufal Riaziq, siswa kelas 3 Madrasah Tsanawiyah Negeri Langsa Lama, Kota Langsa, Aceh, bertemu Menteri Energi dan Sumber Daya Mineral Ignasius Jonan, Jumat (19/5).
Bagi Jonan, Naufal adalah sosok yang spesial. Naufal yang baru berusia 15 tahun itu, adalah penemu potensi listrik dari pohon kedondong (Spondias Dulcis Forst). Ini merupakan Energi Baru Terbarukan (EBT) yang kini tengah gencar digalakan pemerintah.
Jonan mengaku bangga dengan temuan Naufal. Dia berjanji akan mengalokasikan dana untuk pengembangan 'listrik kedondong' agar bisa diproduksi dalam skala besar.
"K-ESDM (Kementerian ESDM) akan mengalokasikan anggaran untuk riset Naufal," tulis Jonan dalam akun facebook miliknya.
Naufal pertama kali menemukan 'listrik kedondong' dari pelajaran Ilmu Pengetahuan Alam ketika dia duduk di kelas 1 MTs atau 2 tahun lalu. Dari pelajaran itu, dia mengetahui buah asam, seperti kentang, jeruk, dan mangga, dapat menghasilkan energi listrik sederhana.
Naufal kemudian mencoba berbagai macam pohon buah, mulai dari mangga, belimbing, asam jawa, hingga akhirnya Naufal menemukan pohon kedondong pagar yang memiliki keunggulan dibanding buah lainnya.
Ia menjelaskan satu lubang pada pohon kedondong pagar bisa menghasilkan tegangan listrik 1 volt. Satu pohon kedondong dapat dibuat menjadi empat lubang yang bisa menghasilkan energi 4 volt.
Untuk menyalakan satu lampu, setidaknya dibutuhkan empat pohon kedondong pagar yang sudah dipasang tembaga dan logam.

Ditulis Oleh : Owanz Sevencool

Terimakasih atas kunjungan Kamu Karena telah Mau Melihat artikel Jonan Janjikan Biayai Riset Naufal Penemu 'Listrik Kedondong'. Tapi Kurang Lengkap Rasanya Jika Kunjunganmu di Blog ini Tanpa Meninggalkan Komentar, untuk Itu Silahkan Berikan Kritik dan saran Pada Kotak Komentar di bawah. Kamu boleh menyebarluaskan atau mengcopy artikelJonan Janjikan Biayai Riset Naufal Penemu 'Listrik Kedondong'ini jika memang bermanfaat bagi kamu, tapi jangan lupa untuk mencantumkan link sumbernya sekian dari o7c dan Terima Kasih.
Comments
0 Comments

0 komentar:

Posting Komentar

luvne.com resepkuekeringku.com desainrumahnya.com yayasanbabysitterku.com