Jumat, 12 Januari 2024

Apakah Alasan Islandia Tidak Kemilik Tentara?

Islandia merupakan salah satu negara di dunia yang tidak memiliki militer. Negara Nordik ini tidak punya tentara sejak 1869.

Menurut laman resmi pemerintah Islandia, negara ini tidak memiliki militer karena sudah menjadi anggota dari Pakta Pertahanan Atlantik Utara (NATO).
NATO adalah aliansi militer negara-negara Barat yang didirikan pada 1949. Aliansi ini terdiri dari 31 negara yakni Albania, Belgia, Bulgaria, Kanada, Kroasia, Ceko, Denmark, Estonia, Finlandia, Prancis, Jerman, Yunani, Hungaria, Islandia, Italia, Latvia, Lithuania, Luksemburg, Montenegro, Belanda, Makedonia Utara, Norwegia, Polandia, Portugal, Romania, Slovakia, Slovenia, Spanyol, Turki, Inggris, dan Amerika Serikat.

Dalam urusan keamanan, Islandia menekankan pendekatan komprehensif dan multilateral. Menurut negara itu, konsep keamanan tidak lagi terbatas pada pertahanan teritorial, namun "jauh lebih luas dan mencakup tantangan-tantangan baru."

Islandia menilai masalah keamanan seperti terorisme, ancaman dunia maya, hingga perdagangan manusia hanya bisa diatasi lewat kerja sama internasional yang aktif.
"Perjuangan untuk hak asasi manusia dan pemberdayaan perempuan, perdamaian dan perlucutan senjata mempunyai prioritas tinggi dalam kebijakan luar negeri Islandia," demikian keterangan di laman pemerintah Islandia.

"Nilai-nilai inilah yang ingin ditekankan oleh Pemerintah Islandia dalam kerja sama internasional, nilai-nilai yang juga telah diambil oleh Pemerintah Islandia sebagai komitmen internasional," lanjut keterangan di laman resmi pemerintah.
Dilansir dari laman NATO, Islandia memiliki sejumlah pasukan meski tidak memiliki tentara, antara lain pasukan penjaga pantai, pasukan polisi nasional, sistem pertahanan udara, dan pasukan penjaga perdamaian ekspedisi sukarela.

Sejak 1951, Islandia juga mendapat manfaat dari perjanjian pertahanan bilateral yang telah lama dijalin dengan Amerika Serikat.
Pada 2006, pasukan AS ditarik namun perjanjian pertahanan keduanya tetap berlaku.

Dua tahun berselang alias pada 2008, pengawasan udara telah dilakukan secara berkala oleh sekutu-sekutu NATO.

Sumber: CNN

Ditulis Oleh : Owanz Sevencool

Terimakasih atas kunjungan Kamu Karena telah Mau Melihat artikel Apakah Alasan Islandia Tidak Kemilik Tentara?. Tapi Kurang Lengkap Rasanya Jika Kunjunganmu di Blog ini Tanpa Meninggalkan Komentar, untuk Itu Silahkan Berikan Kritik dan saran Pada Kotak Komentar di bawah. Kamu boleh menyebarluaskan atau mengcopy artikelApakah Alasan Islandia Tidak Kemilik Tentara?ini jika memang bermanfaat bagi kamu, tapi jangan lupa untuk mencantumkan link sumbernya sekian dari o7c dan Terima Kasih.
Comments
0 Comments

0 komentar:

Posting Komentar

luvne.com resepkuekeringku.com desainrumahnya.com yayasanbabysitterku.com