Jumat, 09 Februari 2024

Ada Rencana Menghadirkan Blue Card di Sepak Bola?

Kartu kuning dan kartu merah sudah puluhan tahun digunakan di pertandingan sepak bola. Sekarang, bakal ada satu lagi tambahan kartu yang bisa dikeluarkan wasit, yaitu kartu biru alias blue card.

Bola.net - Kartu kuning dan kartu merah sudah puluhan tahun digunakan di pertandingan sepak bola. Sekarang, bakal ada satu lagi tambahan kartu yang bisa dikeluarkan wasit, yaitu kartu biru alias blue card.



Blue card alias kartu biru sebenarnya bukan hal baru. Kartu ini umum digunakan di indoor soccer di Amerika Serikat. Kartu biru berada satu level di bawah kartu kuning untuk pelanggaran-pelanggaran sederhana, seperti duel fisik minor atau meludah di lapangan.

Pemain yang dihukum kartu biru harus keluar lapangan sementara. Mereka harus memasuki area penalty box dan berdiam di sana, biasanya selama 2-5 menit. Artinya, tim di lapangan akan kehilangan satu pemain selama waktu hukuman tersebut.
Nah, jika tim lawan mencetak gol selama hukuman kartu biru masih berlangsung maka si pemain pelanggar boleh langsung kembali ke lapangan.

Nah, jika tim lawan mencetak gol selama hukuman kartu biru masih berlangsung maka si pemain pelanggar boleh langsung kembali ke lapangan.

Jumat (9/2/2024) dini hari WIB, The Telegraph melaporkan bahwa International Football Association Board (IFAB), lembaga yang mengatur laws of the game sepak bola, akan mengumumkan rencana penggunaan blue card di liga profesional.

Menurut laporan tersebut, blue card alias kartu biru akan digunakan untuk menghukum pemain yang melakukan pelanggaran tapi tidak cukup buruk untuk dihukum kartu merah, seperti duel fisik yang memotong serangan lawan, atau ketika protes berlebihan kepada wasit.

Pemain yang menerima blue card akan dikirim ke sin-bin, yaitu area khusus di luar lapangan bermain dan harus berdiam di sana selama 10 menit. Setelah menjalani hukuman, mereka boleh kembali bermain.




Bagaimana jika pemain mendapatkan dua blue card?
Berdasarkan rencana IFAB, seperti yang dilaporkan Telegraph, jika pemain mendapatkan dua blue card dalam satu pertandingan maka mereka akan dihukum kartu merah langsung.

Pemain juga bakal diusir keluar lapangan jika menerima satu kartu biru dan satu kartu kuning. Artinya, level blue card hampir setara dengan yellow card.

Masih menurut laporan tersebut, dikabarkan bahwa asosiasi sepak bola Inggris, FA tengah mempertimbangkan kemungkinan mengusulkan kompetisi FA Cup musim depan sebagai uji coba penerapan Blue Card.
Kapan terakhir kali ada perubahan sistem?
Kabar kehadiran blue card kini mengundang respons pro-kontra, sebagian besar kontra. Mereka yang menolak menganggap bahwa keindahan sepak bola bisa rusak dengan adanya blue card.

Andai terwujud, blue card bakal jadi perubahan besar di sepak bola setelah puluhan tahun. Terakhir kali ada perubahan sistem hukuman terjadi sebelum Piala Dunia 1970, saat itulah kartu kuning dan kartu merah dikenalkan.

Sumber: Bolanet

Ditulis Oleh : Owanz Sevencool

Terimakasih atas kunjungan Kamu Karena telah Mau Melihat artikel Ada Rencana Menghadirkan Blue Card di Sepak Bola?. Tapi Kurang Lengkap Rasanya Jika Kunjunganmu di Blog ini Tanpa Meninggalkan Komentar, untuk Itu Silahkan Berikan Kritik dan saran Pada Kotak Komentar di bawah. Kamu boleh menyebarluaskan atau mengcopy artikelAda Rencana Menghadirkan Blue Card di Sepak Bola?ini jika memang bermanfaat bagi kamu, tapi jangan lupa untuk mencantumkan link sumbernya sekian dari o7c dan Terima Kasih.
Comments
0 Comments

0 komentar:

Posting Komentar

luvne.com resepkuekeringku.com desainrumahnya.com yayasanbabysitterku.com